Monday, April 16, 2018

8 Tips Agar Tidak ngantuk Saat Tarawih

Hallo sobat blogger, pernah ga sih kamu mengalami rasa ngantuk dan lemas yang sangat hebat saat menjalankan sholat tarawih ?

Jika pernah itu tandanya ada salah satu hal yang salah pada diri kalian, baik dari pola makanan saat berbuka ataupun pola hidup yang kalian terapkan saat berpuasa.

Nah pada artikel ini saya akan memberikan beberapa tips menurut opini saya pribadi, tentang cara mengatasi ngantuk yang mucul tiba-tiba saat sholat taraweh.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Sholat Taraweh


Tips dan Cara mengatasi ngantuk saat Tarawih

1. Jangan Makan dan Minum Sesuatu yang Terlalu Manis


Hal inilah yang paling sering dilupakan orang saat berbuka puasa, entah dari mana istilah ini muncul bahwa berbuka sebaiknya dengan yang manis-manis.

Tau kah kalian , saat kalian berbuka puasa dengan makanan ataupun minuman yang terlalu manis dengan kondisi perut yang masih kosong.

Maka tubuh akan memproses secara cepat makanan tersebut menjadi lemak ?

Nah inilah sebabnya kenapa kalian akan sangat cepat merasa ngantuk saat sholat tarawih, selain membuat kantuk hal ini juga menjadi penyebab diet kalian gagal saat bulan puasa.

Pasalnya kalian akan langsung memakan ataupun meminum , sesuatu dengan kadar gula yang terlalu tinggi.

2. Memakan Makanan Yang Terlalu berlemak


Penyebab kantuk saat sholat taraweh ialah karena saat kalian berbuka puasa kalian terlalu banyak makan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak.

Pasalnya lemak tersebut akan membuat tubuh kalian menjadi lemas dan mengantuk, maka dari itu sebaiknya hindari makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung lemak.

3. Makan Terlalu Banyak


Penyebab ketiga yang menjadi kemungkinan terbsesar munculnya rasa kantuk saat sholat tarawih ialah kerena saat kalian berbuka , kamu terlalu banyak makan.

Terlebih lagi jika semua makanan yang kalian makan adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Maka dipastikan tubuh kalian juga akan lemas dan mengantuk.


4. Kebiasaan Tidur 


Tahukah kalian bahwa kebiasaan tidur yang buruk juga menjadi penyebab kantuk yang muncul saat ingin menjalankan ibadah sholat tarawih.

Setelah kalian makan , tubuh akan merasakan kenyang dan rileks, nah pada kondisi inilah tubuh menganggap bahwa ini adalah waktu yang baik untuk beristirahat , sehingga secara tiba-tiba rasa ngantukpun muncul. Terlebih lagi jika kamu tidak memperoleh waktu tidur yang cukup.

Sehingga tips keempat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul saat tarawrh ialah dengan memberikan waktu tidur yang cukup pada tubuh saat malam hari dan jangan lupa untuk berolah raga ringan untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Kesehatan


Jika kalian selalu merasa ngantuk saat setelah makan maka hal yang perlu anda perhatikan ialah kesehatan tubuh.

Penyakit yang menjadi tanda-tanda saat kalian merasa kantuk setelah makan ialah Anemia, Tiroid, Intoleransi Maknan, Celiac, dan Sleep Apnea.

Solusi yang dapat anda gunakan saat tubuh mengalami hal ini , segeralah konsultasikan kedokter agar kalian dapat lebih memastikan kesehaatan tubuhmu.

6. Jangan Tidur Setelah Berbuka


Seperti yang kita ketahui pada tips kelima, bahwa ketika setelah makan , tubuh akan merasa kenyang dan rileks.

Nah pada saat situasi ini jangan sampai menempatkan posisi tubuh untuk berbaring , yang akan membuat tubuh akan merasa lebih nyaman dan rileks.

Yang akibatnya tubuh akan merasa lebih cepat merasakan kantuk yang sangat hebat saat kalian menjalankan tarawih.

7. Pergi Kemasjid Bersama Teman-Teman


Tips ketujuh yang bisa kamu lakukan untuk cara mengatasi ngantuk saat tarawih ialah dengan pergi kemasid bersama-teman-teman.

yang tujuannya ialah agar kamu bisa mengatasi rasa bosan dan boring saat rasa kantuk mulai menyerangmu ditengah jalan.

8. Motivasi Diri Sendiri


Seperti yang kita ketaahui bahwa bulan ramdhan hanya datang satu kali dalam setahun, maka dari itu kita harus memotivasi diri kita sendiri agar lebih besemangat dan rajin menjalankan sholat tarawih tanpa kantuk.

Dengan memotivasi diri sendiri maka secara otomatis alam bawah sadar kita juga akan termotivasi yang secara lahan-perlahan tubuh akan menghilangkan rasa kantuknya.

Sebenarnya Rasa kantuk yang muncul saat setelah makan adalah salah satu tanda-tanda bahwa tubuhmu kekurangan Zat gizi tertentu, yang menyebabkan tubuh tidak bisa mencerna makanan dengan baik.

PUNTUP

Nah jadi itulah beberapa cara yang bisa kamulakukan untuk mengatasi rasa ngantuk yang muncul saat berbuka puasa, semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang sering dilanda kantuk saat menjalankan tarawih di bulan ramadhan ini.

Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya buat di artikel ini, seperti yang saya ungkapkan di atas bahwa artikel yang saya tulis ini merupakan opini pribadi dan bukan merupakan anjuran dari dokter. sehingga kalian boleh mempercayai dan tidak mempercayainya.
Load disqus comments

0 comments