Friday, January 19, 2018

Inilah 4 Pengganti Kawat Khantal untuk Vape !

Pengganti Kawat Khantal

Pengganti kawat kanthal - Dalam dunia vapor kita diwajibkan untuk mengenal dan mengetahui vtentang beberapa komponen vapor dan salah satunya ialah coil.

Coil sendiri terbuat dari berbagai macam jenis kawat yang salah satunya ialah kawat kanthal.

Katanya kawat kanthal adalah kawat terbaik jika digunakan untuk vaporizer ataupun Vape . Pasalnya ia memiliki daya tahan terhadap panas yang cukup tinggi.

(bisa saja jika kalian ingin menggunakan kawat biasa namun akan gampang sekali meleleh dan dari lelehannya tersebut akan tercipta zat kimia yang membahayakan tubuh)

Nah yang jadi masalah kawat kanthal ini sulit di dapatkan di daerah-daerah kecil ataupun kalau ada pasti harganya akan cukup tinggi.

Maka dari itu tidak ada salahnya jika kita mencari tentang pengganti kawat kanthal yang kualitasnya tidak beda jauh.

Hal yang perlu kalian ketahui kawat kanthal memiliki berbagai macam jenis ukuran dan yang paling sering digunakan untuk Vape adalah ukuran A-1, kawat ini terbuat dari iron, chromium, dan alumunium Alloy.

Sebelum trend Vape kawat ini biasanya digunakan untuk elemen pemanas listrik yang memiliki tingkat kepanasan yang cukup kuat.

Nah dari pada berpanjang lebar langsung saja kita ketopik pembahasan :

Pengganti Kawat Khantal


1. Nickel


kawat nickel vape

Kawat jenis Nickel ini dapat kita jadikan bebagai pengganti dari kanthal , walaupun demikian kawat ini tidak sekuat kawat kanthal.

Jika kawat ini dipanaskan pada suhu tertentu kawat ini akan dapat sangat mudah meleleh, kemudian menghasilkan zat beracun dan carsinogen Nickel oxide (NIO).

Lebih tepatnya zat ini akan keluar ketika kawat jenis ini dipanaskan pada suhu 400°C atau sekitar 752°F.

Dan parahnya lagi zat ini dapat menimbulkan Kanker , maka dari itu kawat jenis ini hanya direkomendasikan untuk mod yang sudah dilengkapi dengan temperatur kontrol.

Adapun kelebihan dari kawat Nickel ini ialah ia lebih cepat dalam proses pendinginan ataupun pemanasan dibandingkan dengan kawat kanthal.

2. Titanium


kawat titanium vape

Kawat selanjutnya yang cocok digunakan sebagai pengganti kawat kanthal ialah titanium.

Kawat ini sebenarnya hampir sama dengan Nickel namun ada beberapa hal yang membedakan yaitu dari segi rasa, jika kalian menggunakan kawat jenis ini maka rasa yang di hasilkan adalah murni dari rasa liquid itu .

Namun dari segi kekurangannya ia hampir sama dengan Nickel jika dipanaskan pada suhu 600°C atau 112°F maka ia akan menghasilkan zat beracun yang bernama Titanium Dioxide (TiO2)

Kawat ini sangat cocok untuk mod yang memiliki sistem TI (temperatur titanium) sehingga dapat meminimalisir bahaya dari racun titanium yang di hasilkan.

3. Nichrome


kawat nichrome vape

Kawat Nichrome (Ni80) adalah kawat yang terbuat dari gabungan 20% Chromium dan 80% Nickel murni.

Kelebihan dari kawat nichrome dibandingkan kanthal ialah , ia lebih memiliki tingkat panas yang konstan dan tidak mengandung besi, sehingga tidak lengket akan magnet.

Sedangkan untuk batas pemakaian kawat ataupun Wire ini ialah di kisaran 1250°C

Kawat jenis Ni80 tidak cocok jika digunakan untuk TC , layaknya kanthal. Karena ia memiliki nilai yang sama namun dengan temperatur yang berbeda.

4. Stainless Steel


kawat stainless steel vape

Jenis kawat terakhir yang dapat kita gunakan untuk menggantikan kawat kanthal ialah stainless steel.

Kawat jenis ini hampir sama kualitasnya dengan kawat kanthal (kawat terbaik untuk Vape) hanya saja jenis kawat ini sangat mempengaruhi dari rasa flavor yang dihasilkan.

Maka dari itu banyak orang yang enggan menggunakannya. Di tambah lagi ada beberapa argumen yang mengatakan bahwa kawat ss ataupun stainless steel racun yang bernama Manganese dengan kandungan kurang lebih 1-2,5% (yang kebenarannya masih di pertanyakan)

Kelebihan dari kawat stainless steel dibandingkan dengan Kawat Khantal ialah tingkat ketahanan dari kawat ss lebih baik dan lebih murah.

Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba jenis kawat ini.

PENUTUP

Nah demikianlah artikel saya tentang jenis-jenis kawat Vape yang dapat kalian beli , semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari info tentang pengganti kawat kanthal. Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya tulis di artikel ini.
Load disqus comments

0 comments