Monday, January 1, 2018

13 Cara Merawat Vapor Agar Tidak Meledak !

Cara Merawat Vapor

Cara merawat Vape - Banyak sekali orang beranggapan bahwa vapor dapat meledak , Harus kita ketahui yang meledak ialah baterai yang ada di dalam Vape tersebut , bukan vapenya.

Karena sangat kecil kemungkinan jika Vape yang kita miliki dapat meledak jika tidak kita pasang dengan baterai.

Maka dari itu kita harus menjaga dan merawat baterai vape dengan baik agar tidak Meledak dan awet.

Sebelum ketopik utama kalian harus mengetahui jenis-jenis vapor untuk itu silahkan baca artikel ini -

Jika kalian sudah membaca artikel tersebut tentu kalian sudah paham mod jenis mana yang paling mudah meledak , maka dari itu mod tersebut harus kita rawat lebih rutin karena akan sangat membahayakan jika tidak kita rawat.


Cara Merawat Vapor


1. Gunakan Baterai Original


Sebagai pengguna vapor kita harus pandai-pandai dalam memilih baterai , karena banyak sekali diluar sana yang menjual baterai abal-abal yang mengancam keselamatan diri kita sendiri. Maka dari itu pintar-pintarlah dalam memilih baterai original.

2. Gunakan Charger Eksternal


Banyak para Reviewer Vape di Indonesia yang sangat tidak menyarankan jika kalian mengecas vaporizer langsung dari mod , yang saya sendiri masih bingung apa alasannya.

Maka dari itu jangan mengecas Vape dari mod langsung.

3. Jangan Biarkan Baterai Vape Drop


Banyak orang yang tidak mengetahui jika mereka memaksa menggunakan vaporizer yang mereka miliki sampai baterainya benar-benar habis(0%) itu akan memperpendek umur baterai.

Saat baterai dalam keadaan benar-benar kosong akan ada beberapa sel baterai yang rusak dan tidak bisa terisi lagi.

Maka dari itu jangan biarkan baterai vapor yang kalian miliki mengedrop, saran saya cas saat persentase baterai di angka 15-20%.


4. Jangan Mengecas Terlalu Lama


Hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan untuk merawat vaporizer ialah jangan terlalu lama dalam mengecas.

Karena saat kalian terlalu lama mendiamkan baterai yang sudah full dalam keadaan cas yang terus menyala, akan membuat baterai mengorbankan sellnya , sehingga lama kelamaan baterai akan rusak dan tidak bisa di isi lagi.

Dan yang lebih parahnya baterai akan meledak karena kelebihan power.


5. Jangan Over Charge


Hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan untuk cara merawat vapor ialah jangan terlalu sering mengecas , karena bagaimanapun baterai Lithium-ion adalah baterai yang memiliki usia tertentu sehingga jika semakin sering digunakan atau di cas usianya akan semakin pendek.

6. Gunakan Settingan yang Wajar


Sebagai pemula tentu saja kita penasaran dengan fitur-fitur dan kemampuan yang mod kita miliki , maka dari itu banyak orang yang mengotak Atik settingan dari modnya.

Hal inilah yang membuat vapor kita meledak , karena kita tidak mempertimbangkan ohm dan voltase dari baterai.

Nilai ohm yang terlalu kecil dan tidak sesuai dengan mod yang kita gunakan maka akan membuat baterai tersiksa (cepat panas) yang menyebabkan baterai dapat meledak.

7. Jangan Terlalu Memaksakan Baterai dan Mod


Sering kali kita memaksakan baterai dan mod untuk terus menerus selalu kita paksa untuk melakukan Firing (padahal baterai dan mod dalam keadaan panas)

Hal inilah yang membuat komponen mod menjadi erorr dan konslet karena saat kita memaksa mod dalam keadaan yang sangat ekstrim akan ada komponen yang meleleh dan berakibat dari meledaknya baterai.


8. Kunci ataupun Matikan Vapor


Cara merawat vapor agar awet selanjutnya ialah dengan mengunci ataupun mematikan vapor saat ingin kita masukkan kekantong.

Karena jika kita lupa mengunci ataupun mematikannya , bisa saja tombol Firing tersebut terpencet terus menerus dengan durasi yang lama , yang akibatnya apa ? Ya kalo ga meledak ya kebakar.


9. Letakkan di Tempat yang Aman


Sebenarnya ini tidak perlu di khawatirkan oleh pengguna mod mechanical , namun ini akan menjadi sangat penting untuk pengguna mod electrical.

Karena chip yang ada di dalam mod electrical akan sangat rentan akan rusak ataupun erorr saat terbanting ataupun terjatuh.


10. Jangan Cas Sambil di Hisap


Cara selanjutnya yang harus kalian lakukan untuk merawat Vape yang kalian miliki adalah jangan mengecas Vape sambil digunakan.

Saat kalian mengecas Vape sambil menggunakannya maka baterai akan kebingungan dalam mengatur/menentukan arus yang masuk dan arus yang keluar , sehingga jika hal ini terjadi terus menerus akan membuat Vape yang kalian miliki meledak.

11. Jangan Letakkan Vape/baterai Sembarangan saat di Cas


Jangan pernah meletakkan baterai ataupun Vape sembarangan saat sedang di cas , apalagi meletakkannya di tempat yang tidak bisa mengalirkan panas seperti kasur dan sofa.

Karena saat kita mengecas , tentu baterai akan menerima panas yang sangat berlebih maka dari itu baterai memerlukan tempat yang dapat ia gunakan untuk mengurangi panas tersebut.


12. Bersihkan Vape Secara Teratur


Walaupun hal ini tidak ada hubungannya dengan tujuan merawat Vape agar tidak Meledak , setidaknya cara ini dapat kita lakukan agar Vape kita lebih bersih dan terawat agar dapat kita gunakan untuk jangka panjang.

Bersihkan vapor dengan mengelap Atomizernya sehari 2 kali.

mengganti kapas dan coil 3 hari sekali karena ini sangat penting untuk kesehatan , karena saya pernah membaca sebuah artikel bahwa kawat yang kita gunakan memiliki batas penggunaan , yang jika batas tersebut sudah tercapai kawat akan mengeluarkan zat beracun yang membahayakan tubuh.

Maka dari itu kita harus rajin mengganti kawat dan kapas.

Sedangkan untuk deck dan drop tip kita dapat membersihkannya dengan air hangat.

13. Jauhkan dari Jangkauan Anak


Hal ini juga sebenarnya tidak ada hubungannya dalam menjaga vapor agar tidak cepat meledak , tapi ini akan sangat penting untuk kalian yang sudah memiliki anak.

Saat kita menyimpan vapor , tentu kita akan menyimpannya bersamaan dengan liquid dan bahayanya jika liquid ini terminum, karena liquid terbuat dari berbagai macam bahan kimia yang kalian sendiri tidak tahu kualitasnya.

PENUTUP

Nah jadi itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk merawat vaoporizer yang saya miliki , semoga artikel yang saya tulis ini dapar bermanfaat dan membantu untuk kalian yang bingung cara merawat vapor. Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya tulis di artikel ini.


Load disqus comments

0 comments