Sunday, January 28, 2018

Apa itu Vapor ? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Apa itu Vapor

Hallo Sobat Blogger Jumpa lagi dengan BELAJAR-DA , hari ini saya lagi rajin-rajinya nih buat update artikel jadi jangan bosen-bosen ya buat selalu baca notif dari blog ini.

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang apa itu Vapor , artikel ini saya buat untuk memberi sebuah penjelasan agar mereka yang masih awam tidak salah kaprah dengan benda yang satu ini.

Apa Itu Vapor ? 

Dalam dunia rokok mungkin beberapa tahun belakangan kita sempat di kejutkan oleh yang namanya rokok elektrik bukan ? nah vapor ialah salah satu dari evolusi terbaru dari rokok elektrik , yang membedakannya ialah kualitas uap , baterai dan sytemnya. 

Vapor sendiri terdiri dari beberapa bagian dan jenis yaitu : Atomizer, Rda, Mod, Coil dan Baterai. (Versi lengkapnya akan saya bahas di lain artikel) 


Nama lain benda ini selain dari rokok elektrik dan vapor ialah vape dan vaporizer, sedangkan vaping adalah istilah yang digunaan saat kita sedang menggunakan benda ini.

Lalu Apa Perbedaan dari Rokok Elektrik (Vapor) dengan Rokok Konvensional ?


rokok konvensional

Berikut 3 Perbedaan yang paling signifikan antara vapor dan rokok konvensinal :

1. Rokok Elektrik Tidak Mengandung Tar , berbeda dengan rokok konfensinal yang mengandung jumlah tar tertentu tergantung merk

2. Jumlah nikotin yang ada di rokok elektrik dapat kita atur sendiri , mulai dari tanpa nikotin (0 mg sampai dengan nikotin 12mg) tergantung dari selera, 

Hal ini sangat berbeda dengan rokok konvensional yang setiap rokok pasti memeiliki nikotin , tapi untuk vapor kita dapat menghilangkan zat nikotin tersebut dengan memilih liquid yang kadar nikotinnya 0mg.

3. Yang dihasilkan oleh rokok elektrik ialah Uap hasil dari pemanasan dari Liquid yang di letakkan pada atomizer.

Berbeda dengan rokok konvensional yang menghasilkan asap dari hasil pembakaran tembakau.

4. Vapor menggunakan baterai agar dapat digunakan , contoh paling umum yang digunakan untuk baterai vapor ialah jenis baterai 18650.

5. Sensasi antara Rokok konvensional dan vapor sangat berbeda jauh pasalnya rokok tidak menggunakan tar dan nikotin murni dari hasil pembakaran tembakau.

6. Vapor terkenal karena rumor akan alat yang digunakan sebagai alternatif untuk mereka yang ingin berhenti merokok , walaupun pada faktanya banyak mereka yang gagal berhenti merokok hanya dengan mengandalkan vapor.

Kenapa ? alasannya ada di poin ke 5.

7. Vapor memiliki aroma yang sangat berbeda jauh dengan rokok.

8, asap rokok vape tidak membuat mata pedih , berbeda akan asap rokok yang memiliki asap yang dapat membuat mata pedih.

Apa itu Liquid Vape ?


Liquid vape

Liquid ialah suatu cairan yang mengandung Vegetable Glycerin (VG) , Propylene Glycol (PG), Rasa dan kadar nikotin tertentu.

Fungsi dari VG Sendiri ialah mengatur seberapa tinggi kadar asap yang ingin di hasilkan , sedangkan PG ialah mengatur seberapa besar kadar rasa yang ingin dihasilkan.

Semakin tinggi persentase VG maka asap yang dihasilkan akan semakin banyak , sedangkan semakin banyak PG Maka rasa akan yang dihasilkan akan semakin dominan dibanding dengan asap.

Nah lalu apakah ada pengganti liquid vapor ? menurut pengalaman saya sendiri belum ada cairan yang mampu menggantikan fungsi dari liquid vapor ini.


Lalu Apakah Vapor Berbahaya Untuk Kesehatan ?


Saya sendiri kurang mengetahui apakah vapor aman atau tidak untuk kesehatan , namun saya telah mengutip jawaban dari Dokter Henry Andrean saat sedang berbicara dengan membernya yang ada di situs alodokter.com, berikut jawabannya.

"Penggunaan rokok elektrik tetap harus dipergunakan secara hati-hati. Rokok elektrik telah diteliti keamanannya oleh asosiasi paru-paru di Amerika dan hasilnya belum dinyatakan 100 % aman, karena masih dapat berpotensi menyebabkan penyakit kanker, radang paru-paru, asma dan penyakit jantung akibat zat-zat kimia yang dikandungnya. Oleh karena itu WHO dan BPOM masih menunggu penelitian lebih lanjut untuk keamanan penggunaan rokok elektrik dalam jangka panjang"

Berikut Screenshoot dari percakapan dokter Henry



Walaupun jawabannya pertanyaan yang di ajukan member dari situs tersebut tidak terlalu nyambung , namun ada beberapa poin , yang dapat kita ambil dari stetment dokter Henry.

Aman atu tidaknya saya sendiri tidak tahu.

AKHIR KATA

Nah jadi itulah penjelasan yang mampu saya berikan tentang apa itu vapor dan bahayakah untuk tubuh, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kita yang ingin menambah wawasan tentang rokok elektrik, mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang satu ini.

Tulisan yang saya buat ini murni Opini saya pribadi sebagai mantan pengguna Vapor dan Rokok konvensional 

Load disqus comments

0 comments