Wednesday, December 28, 2016

13 Panduan Cara Bermain Gitar Dari Awal Sampai Gahar

Panduan Cara Bermain Gitar Dari Awal Sampai Gahar


Cara Bermain gitar sangat diperlukan untuk pemula yang baru belajar bermain gitar karena tak diragukan lagi , para remaja maupun yang sudah tua mendamba - dambakan Alat musik yang satu ini , oleh karena itu saya menulis artikel ini.

Tujuan saya menulis artikel cara bermain gitar ini ialah agar anda dapat belajar gitar secara otodidak , tanpa mengundang guru les pivate (Otodidak) dan agar semakin banyak gitaris - gitaris muda indonesia yang bermunculan dikanca dunia .

Jika anda mempelajari Panduan cara bermain gitar ini dengan baik dan benar saya jamin anda akan Mahir bermain gitar dalam 3 hari , karena panduan yang saya berikan dapat dikategorikan panduan cara cepat belajar gitar.

PENTING !!! SEBELUM MEMULAI PEMBELAJARAN ADA BAIKNYA ANDA MEMNGINGAT ALAMAT WEB ATAU URL ARTIKEL INI , KARENA SETIAP WEBSITE MEMILIKI METODE PEMBELAJARAN YANG BERBEDA- BEDA, DAN JIKA ANDA MEMPELAJARI METODE YANG BERBEDA-BEDA ITU HANYA AKAN MEMPERSULIT ANDA DALAM BELAJAR BERMAIN GITAR.

Nah langsung saja ketopik utama yaitu 

Cara Bermain Gitar :


1. Belajar Gitar Tidak harus memiliki gitar

Belajar bermain Gitar Tidak harus memiliki gitar

Sebenarnya hal yang satu ini dapat dikatakan penting ataupun tidak penting , namun saya ingin memasukkannya dalam artikel cara bermain gitar ini .

Dalam Belajar gitar sebenarnya anda tidak harus memiliki gitar sendiri karena dengan ataupun tanpa memiliki gitar anda akan bisa bermain gitar jadi jangan patah semangat bagi yang belum memiliki gitar sendiri .

"loh gimana caranya bisa main gitar tapi ga punya gitar ? " 

Tentu bisa walapun anda tidak memiliki gitar , dengan cara anda meminjam gitar keteman anda sendiri (tentunya harus kamu bawa pulang).
tetapi kalo temen kamu ngga ngasih gitarnya dibawa pulang cara satu satunya ialah kamu harus menghafal poin - poin penting yang saya tulis di artikel cara bermain gitar yang saya tulis ini , baru mempraktikkannya dirumah teman yang ingin kamu pinjem gitarnya.

2. Posisikan gitar senyaman mungkin

Cara bermain gitar yang kedua kita Mulai dari yang paling dasar yaitu Usahakan disaat anda memegang gitar , posisikan gitar senyaman mungkin karena jika dalam memegang gitar saja anda merasa tidak nyaman , bagaimana anda dapat belajar bermain gitar ?

Hal - hal yang akan anda rasakan ketika anda salah dalam memposisikan gitar .

- Jari akan cepat terasa sakit walaupun pada dasarnya gitaris pemula yang baru belajar bermain gitar dapat dikategorikan wajar .

- Tidak dapat menekan chord - chord tertentu .

- Suara yang dihasilkan kurang maksimal .

dan untuk lebih lengkapnya anda bisa klik disini - Kesalahan Dalam Belajar bermain gitar 

3. Mempelajari cara menyetem gitar

Hal ketiga yang harus anda kuasai dalam panduan cara bermain gitar ialah Mempelajari Cara menyetem gitar , karena hal yang satu ini sangat fital kegunaannya.
Bayangkan disaat anda memainkan gitar dengan gitar yang tidak disetem dengan benar ?

Tentu nada yang akan dikeluarkan atau dibunyikanpun akan berubah dan tidak akan enak untuk didengar.

Ringkasan Singkat dari cara mempelajari cara menyetem gitar ialah biasakan untuk menghafal setiap nada yang anda dengar dari masing - masing senar .

Urutan Senar Stem Standart ialah E, A , D ,G ,B, dan E , Dimulai nada E =  Senar Bass nomor 6 dan berlaku seterusnya.

Untuk Tutorial lengkapnya anda Dapat Klik disini - Cara belajar menyetem gitar untuk pemula

4. Belajar Kunci Dasar Gitar

Belajar Kunci Dasar Gitar

Cara bermain gitar yang kelima ialah anda harus Menguasaikunci dasar , Kunci dasar ialah kunci yang harus dikuasai oleh gitaris pemula .

Sebenarnya dalam Bermain gitar ada 2 jenis chord yaitu kunci dasar dan kunci gantung , yang mana keduanya sangat berperan penting dalam mengiringi sebuah lagu .

Semakin banyak kunci yang anda kuasai semakin banyak pula lagu yang dapat anda mainkan.

conth dari kunci dasar ialah Kunci C , G , Am , Em , F , Dm , D , dan E .

dengan delapan kunci itu saya jamin anda akan dapat memainkan salah satu lagu yang sedang populer .

"kok banyak banget 8 kunci ? "

Sebenarnya Dalam bermain gitar tidak ada kata sulit ataupun gampang , yang ada hanyalah mau atau tidak , kalau anda mau berusaha mempelajarinya sesulit apapun hal itu , maka anda akan dapat memainkannya , sedangkan jika anda tidak mau berusaha dalam mempelajarinya , semudah apapun hal itu maka anda tidak akan pernah bisa memainkannya.

Jadi jangan takut tidak bisa mempelajari 8 kunci dasar diatas karena terlalu sulit .

Nah untuk panduan lengkapnya anda bisa klik disini - Panduan belajar kunci dasar gitar 

5. Lakukan Pengulangan .

"loh apa itu penglangan yang dimaksud ?" 

Maksud dari pengulangan dari artikel saya tentang cara belajar bermain gitar ini ialah .

setelah anda menguasai Tahap 2 dan 4 di atas lakukan pengulangan .

contoh pengulangan dari tahap ke 2 di atas ialah letakkan gitar secara acak dimana saja , setelah itu ambil lagi dan dengan tempo yang cepat posisikan gitar senyaman mungkin.

nah sedangkan pengulangan dari tahap ke4 ialah biasakan jari - jari anda menekan kunci dasar yang sudah anda pelajari dan kuasai secara acak tanpa perlu berpikir panjang , pengulangan ini dapat dilakukan kapan saja , baik disaat sedang menonton ataupun saat sedang bersantai.


6. Belajar genjrengan gitar atau Pola Strumming gitar ?

Cara bermain gitar yang keenam ialah dengan mempelajari dan menguasai Macam - macam pola genjrengan , tapi karena anda masih ditahap dasar anda dapat menggunakan Pola genjrengan yang mudah contohnya ialah 

- Bawah - Bawah - Bawah - Bawah 

Nah dengan pola genjrengan yang saya berikan diatas ialah genjrengan lagu pop.

"Apa sih pentingnya pola genjrengan gitar ?"

Pola genjrengan ialah sebagian dari pemainan gitar kita , manfaat dari pola strumming gitar ialah anda dapat mengiringi gitar lagu dangdut pastinya dengan genjrengan gitar lagu dangdut.
yang tujuannya ialah menghidupkan suasana dari lagu tersebut karena setiap lagu memiliki feel yang berbeda - beda .

Ada lagu yang memiliki feel yang ceria , ada lagu yang memiliki feel yang romantis , ada lagu yang memiliki feel yang sedih dan ada feel lagu yang cool . 

Semuanya tersebut dapat kita terapkan dengan lagu dan pola genjrengan yang tepat.

Untuk panduan lengkap pola genjreng / strumming gitar anda bisa klik disini - Belajar Strumming gitar 

7.  Mulai belajar mengiringi lagu yang kunci gitarnya mudah 


Belajar bermain gitar dengan lagu yang mudah

Langkah ketuju dari panduan cara bermain gitar ialah memainkan lagu yang kunci gitarnya mudah.

"Emang ada lagu yang kunci gitarnya mudah ?"

Belajar cara bermain gitar akan mulai semakin asik ketika anda sudah sampai dititik ini .

Ketika anda sudah susah payah memahami dan mempelajari semua metode diatas inilah titik dimana anda akan merasakan hasil dari waktu yang sudah anda korbankan demi belajar bermain gitar dari awal yang tentunya tidak mudah dilakukan oleh semua orang.

Jawaban untuk pertanyan diatas ialah "Ada"

Nah untuk lagu yang kunci gitarnya mudah akan saya berikan , yang tentunya lagu ini sudah populer dikalangan muda ataupun tua , yang pastinya gampang dimainkan.

Lagu untuk Belajar gitar Ialah Peterpan - Semua tentang kita .

lagu ini juga termasuk lagu yang saya gunakan untuk belajar gitar , nah jika anda tidak mengetahui lagu di atas anda juga dapat mempelajari lagu

Gaby - Tinggal kenangan .

Untuk lagu yang lebih mudah bahkan ada lagu yang kunci gitarnya terdiri dari 3 ataupun 2 chord dasar saja anda bisa klik disini - 18 Lagu yang kunci gitarnya Gampang

8.  Belajar Tehnik Petikan gitar .

Cara bermain gitar yang kedelapan ialah Mempelajari Tehnik petikan gitar .
Ketika anda sudah memahami semua panduan pembelajaran gitar diatas , anda akan merasakan sebuah kebosanan tentang permainan gitar anda sendiri.

Dengan tehnik petikan gitar yang sering disebut fingerpicking ini , anda akan merasakan suasana dan feel yang lebih fresh dan berbeda yang pastinya akan meningkatkan kemampuan anda dalam bermain gitar .

Cara bermain gitar dengan petikan sebenarnya sama dengan genjrengan namun jika menggunakan pola petikan anda akan merasakan feel mellow yang lebih mendalam .

Untuk Tehnik petikan langkah pertama yang harus anda kuasai ialah pembiasaan jari agar dapat memetik dengan leluasa tanpa kesalahan sedikitpun.

nah ketika anda sudah mempu melakukan petikan dengan sempurna anda dapat menggunakan pola petikan gitar yang saya berian dibawah ini .

  • Bas - 3 - 2 - 3 - 1 - 3 - 2 - 3 
Maksud dari Angka diatas ialah .

Bas = Nada bas dari kunci lagu tersebut , masing - masing lagu memiliki nada bas yang berbeda , contoh dasarnya ialah kunci gitar G , Yang memiliki nada bas disenar 6 , jadi pada saat anda memainkan lagu yang kunci gitarnya G anda dapat memetik bas yang ada disenar 6 ( bukan patokan untuk semua lagu )

Angka 3 = Maksud dari angka 3 ialah anda harus memetik gitar pada senar ke3

Angka 2 = Maksud dari angka 2 ialah anda harus memetik senar gitar nomor 2 

Angka 1 = Maksud dari angka 1 ialah anda harus memetik senar gitar nomor 1 

9. Belajar kunci gantung gitar 

Belajar kunci gantung gitar

Yang satu ini juga termasuk tehnik yang digunakan untuk memberi warna permainan gitar kita .

Kunci gantung ialah kunci yang harus dikuasai oleh pemain gitar.

Cara bermain gitar dengan kunci gantung dapat dibilang rumit , karena banyaknya senar yang harus kita tekan , jadi memerlukan kesabaran dan ketekunan yang kuat untuk mempelajari kunci gantung gitar.

Namun ketika anda sudah menguasai kunci kunci gantung kemampuan anda dalam bermain gitar akan semakin bertambah dan pastinya akan membuat orang yeng melihat anda bermain gitar terkagum - kagum.

untuk panduan cara belajar bermain kunci gantung silahkan klik disini - Cara Belajar Kunci gantung gitar lengkap


10. Belajar cara membaca tab gitar 

Cara bermain gitar yang kesepuluh ialah mempelajari cara membaca tab gitar .

Apa itu tab gitar ? tab gitar ialah salah satu media yang digunakan untuk memberikan perintah atau gambaran cara memainkan melody gitar tertentu .

Tab gitar akan menjadi sangat berguna ketika anda mulai mendalami gitar , karena ini bisa digunakan untuk sarana tutorial atau petunjuk jadi anda harus bisa membaca tab gitar.

Contoh cara membaca tab gitar ialah 

Tab gitar

Angka 1 2 3 4 5 6 yang ada dipinggir ialah menunjukan urutan senar

Angka 6 = Tali Bas No 6 ( dan berlaku untuk urutan no 5-1 )

Sedangkan Angka 9 - 7  yang ada pada garis ialah Fret yang Harus kita Tekan .

Jadi jika ada angka - angka yang ada pada senar tertentu ingat saja 2 metode cara belajar membaca tab gitar yang saya berikan.


11. Latihan Belajar gitar menggunakan Aplikasi Hp

Ketika anda sudah memahami dasar - dasar panduan bermain gitar anda yang saya berikan , anda dapat menginstal sebuah aplikasi hp atau android yang tentunya dengan bekal yang sudah anda dapatkan diblog ini , namun saran saya jangan terlalu memaksakan diri ketika belajar gitar menggunakan aplikasi Hp atau android. 

Yang tentunya ketika anda belajar bermain gitar menggunakan aplikasi hp materi praktek yang diberikan sangat sulit , baik sulit dipahami ataupun sulit dipraktekkan , namun dengan ketekunan yang luar biasa anda akan mulai terbiasa.


12. Belajar Dari Orang Lain yang lebih dari anda

Belajar Dari Orang Lain yang lebih dari anda

Panduan Cara Bermain gitar untuk Pemula yang ke12 ialah Belaja dari orang lain.

Apa itu maksudnya "Belajar dari Orang lain ?"

Banyak Gitaris pemula yang Gengsi untuk meminta pembelajaran cara bermain gitar keorang lain bahkan ketemannya sendiri , padahal itu adalah tanggapan yang SANGAT SALAH !!!

Pada dasarnya teman yang sudah lebih dulu tau bermain gitar memiliki pengalaman yang berbeda - beda , nah dari pengalamannya tersebut dapat kita ambil dan pelajari , jika pengalaman positif yang ia ceritakan maka harus kita pelajari , sedangkan jika pengalaman negatifnya yang ia ceritakan , juga kita ambil dan pelajari , jangan sampai kita juga mengalami hal yang ia alami , agar kita dapat belajar bermain gitar dengan cepat ..

Jadi Buang gensi anda yang sangat berlebihan itu , tanamkan sifat ingin tahu pada diri anda , dan jka teman anda memberi kritik pada permainan gitar anda , jadikan kritik itu motivasi diri untuk memperbaiki cara bermain gitar kita sendiri

13. Melakukan Improvisasi


Dan Panduan terakhir Cara Bermain gitar dari awal sampai gahar ialah improvisasi , Langkah ini ialah langkah terpenting yang harus anda lakukan untuk menjadi gitaris hebat.

Apa itu Improvisasi ?

Improvisasi ialah melakukan sesuatu tanpa persiapan .

Sejelek-jelaknya improvisasi dari yang anda buat  setidaknya itulah karya anda sendiri yang sudah susah payah anda pelajari dan terapkan dari tehnik - tehnik gitar yang sudah anda kuasai.

Jadi hal penting dari Semua panduan yang saya berikan ialah improvisasi gitar dari diri anda sendiri , jangan pernah menyerah dalam melakukan eksperimen - eksperimen yang anda buat , contohnya ialah menciptakan pola genjreng sendiri , menciptakan petikan sendiri , dan mencari suatu melody gitar .


Nah jadi itulah artikel saya tentang Panduan Belajar Bermain Gitar 

Sedikit Motivasi dari saya , dalam menjalankan Panduan Bermain gitar ada baiknya dilakukan secara bertahap jangan terlalu memaksakan diri , karena otak juga tidak akan mampu menerima materi Panduan yang sangat banyak sekaligus . 

Jangan pernah melakukan pembelajaran dengan lagu yang sulit dimainkan , karena itu hanya akan membuat anda frustasi dan berhenti untuk belajar bermain gitar , saya sendiri baru paham bermain gitar kurang lebih selama kurang lebih 1 tahuan , jadi untuk kamu yang masih belum bisa juga bermain gitar jangan berputus asa , tetap semangat dan pantang Menyerah !!!



Load disqus comments

0 comments